Simak Yuk 5 Syarat Fluida Dikatakan Ideal

IMC future
0
Penulis : Sarifudin
PPL PPG Prajabatan Gelombang 1

Fluida adalah salah satu cabang ilmu fisika yang mempelajari zat alir (zat cair dan gas). Menurut keadaannya fluida dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu fluida dinamis dan fluida statik. Fluida dinamis adalah cabang fluida yang membahas tentang fluida dalam keadaan bergerak atau mengalir disebut juga dengan Hidrodinamika. Sedangkan fluida statis adalah cabang fluida yang menitikberatkan kajian fluida dalam keadaan diam (statis) atau dikenal dengan Hidrostatik.


Gambar Ilustrasi Fuida Ideal

Biasanya dalam kajian tentang fluida maka akan dipelajari sifat-saifatnya, apakah ideal atau non-ideal. Berikut 5 syarat fluida dapat disebut ideal jika mempunyai sifat-sifat berikut:

Fluida Bersifat Inkompersibel

Inkompersibel artinya tidak bergantung dengan perubahan tekanan, sehingga fluida bersifat inkompersibel adalah fluida yang tidak bergantung dengan perubahan tekanan (fluida tida bisa dimampatkan) sehingga volumenya tidak akan mengalami perubahan.

Umumnya fluida bersifat kompersibel, dimana besarnya tekanan akan mempengaruhi nilai massa jenis suatu fluida. Nilainya akan berbanding lurus dengan tekanan dan berbanding terbalik dengan volume fluida.

Baca: 

Aliran Fluida Mempunyai Sifat Streamline

Streamline atau tidak terjadi turbulen artinya bahwa fluida tidak bergerak serampangan dengan kata lain teratur dan memiliki garis alir tertentu untuk tiap-tiap partikel dimana jika luas penampangnya sama maka fluida akan mempunyai kecepatan yang sama pula.

Aliran Fluida Berupa Garis Arus

Garis arus adalah suatu garis khayal yang dibentuk oleh aliran fluida yang mengikuti suatu garis lurus melengkung yang dapat diketahui mana pangkal dan mana ujungnya.

Aliran Fluida Stasioner (Tunak)

Aliran stasioner terjadi jika untuk setiap saat garis aliran berhimpit dengan jalan atau lintasan aliran, maksudnya bahwa aliran fluida tersebut akan membentuk garis alir tertentu dan partikel-partikel penyusun fluida akan mengalir pada lintasan tertentu yang pernah dilewati oleh partikel-partikel sebelumnya.

Hal ini akan menimbulkan kecepatan disetiap titik sembarang akan selalu sama (Kecepatan fluida di salah satu titik besarnya akan sama dengan besar kecepatan fluida di titik lainnya).

Aliran Fluida Non-Viskos (Tidak Kental)

Aliran fluida non-viskos adalah aliran fluida dimana gaya gesek yang ditimbulkan antar partikel-partikel penyusun fluida diabaikan, serta mengabaikan gesekan antara fluida itu sendiri dengan tempat terjadinya aliran (penampang). Sehingga fluida dapat dikatakan ideal jika mengabaikan gejala viskositas atau kekentalan fluida.

Baca: 

Dari sifat-sifat fluida di atas maka dapat ditari kesimpulan bahwa pengertian dari fluida ideal adalah fluida yang mempunyai kelima sifat tersebut, dengan kata lain fluida ideal adalah fluida yang tidak mengalami perubahan volume, tidak mengalami turbulen dan gaya gesek partikel diabaikan serta mempunyai garis arus tertentu untuk setiap partikel penyusun fluida.

Referensi:

Tim Catha Edukatif. 2014. Fisika Kelas XI Semester 2. Sukoharjo: CV Sindunata.

Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)