10 Jurusan di Untidar yang Sepi Peminat SNMPTN

IMC future
0
Halo sahabat pejuang Kuliah, kali ini admin akan mengulas tentang 10 jurusan di Untidar yang sepi peminat pada SNMPTN tahun 2019. Semoga informasi ini bisa dijadikan referensi prodi yang akan kalian pilih di SNMPTN 2020. Baiklah simak baik-baik penjelasan berikut ini.


Jurusan Sepi Peminat Untidar Jalur SNMPTN
Universitas Tidar Magelang adalah salah satu kampus negeri yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Universitas ini terletak di Magelang, daerah yang terkenal dengan salah satu keajaiban dunianya yaitu Candi Borobudur.

Meski Universitas Tidar baru belakangan ini menjadi salah satu perguruan tinggi negeri, serta baru beberapa tahun belakangan ini mengikuti penerimaan mahasiswa dari jalur SNMPTN dan SBMPTN. Namun Universitas Tidar mampu membuktikan bahwa mereka layak menjadi salah satu universitas tujuan kuliah yang cukup banyak peminatnya.

Hal ini terbukti pada SNMPTN tahun 2019, Jumlah peminat yang melamar berbagai jurusan di Untidar ada sekitar 3. 903 calaon mahasiswa dengan kuota hanya 664 kursi (berdasarkan data.untidar.ac.id).

Artinya persentase peluang diterimanya adalah 17,01% dengan keketatan persaingan 1 : 5,8 dengan kata lain agar diterima di Untidar Magelang maka pelamar harus bersaing dengan 5-6 orang lain demi mendapatkan 1 kursi di perguruan tinggi tersebut.

Baca Juga: 


Baiklah langsung aja pada pembahasan, berikut 10 jurusan yang sepi peminat di Untidar pada SNMPTN tahun 2019 dan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih prodi di UNTIDAR pada SNMPTN tahun 2020 bersumber dari laman data.untidar.ac.id tentang peminat berdasarkan jalur masuk tahun 2019.

1. PRODI PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM S-1

Prodi Pendidikan IPA merupakan prodi yang diarahkan agar lulusan bia menjadi guru atau tenaga pengajar pada mata pelajaran IPA khususnya di SMP, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa mengajar di jenjang sekolah lainnya bahkan dosen perguruan tinggi.

Pada SNMPTN tahun 2019, Prodi S-1 Pendidikan IPA UNTIDAR jumlah peminat hanya 104 orang dengan daya tampung hanya 36 orang, persentase peluang diterimanya 34,6% dengan tingkat keketatan 1:3

2. PRODI AKUAKULTUR S-1

Prodi Akuakultur merupakan prodi yang dalam perkuliahannya membahas seputar budidaya perairan, mulai dari penangkaran, pemeliharaan, sampai produksi biota perairan laut ataupun air tawar, contohnya ikan, udang, kepiting dan sebagainya  .

Prodi S-1 Akuakultur UNTIDAR pada SNMPTN 2019 mempunyai jumlah peminat 108 orang dengan kuota hanya 36 orang, tingkat persaingan pada prodi ini 1:3 dengan persentase peluang diterimanya 33,3%.

3. PRODI PETERNAKAN S-1

Prodi Peternakan merupakan jurusan kuliah yang mengarahkan lulusannya agar menjadi tenaga profesional pada bidang peternakan hewan, hal yang akan dipelajari berkutat tentang teknologi produksi, teknik pemeliharan, pakan, dan manejemen penglahannya.

Prodi S-1 Peternakan UNTIDAR pada SNMPTN tahun 2019, memiliki peminat berjumlah 119 pelamar tetapi hanya 36 orang saja yang diterima, persentase peluang diterimanya 30,2% dengan tingkat keketatan 1:3.

4. PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI S-1

Prodi Biologi adalah salah satu prodi di perguruan tinggi yang mempersiapkan lulusannya menjadi seorang pengajar atau guru khususnya pada mata pelajaran Biologi di jenjang SMA maupun SMP. Mahasiswa dididik agar mampu menguasai ilmu Sains Biologi yang mendalam serta mempunyai kemampuan untuk mengajarkan ilmu yang telah didapat. 

Pada SNMPTN 2019, Prodi S-1 Pendidikan Biologi UNTIDAR diminati oleh 122 orang pelamar dengan daya tampung 36 mahasiswa baru, dengan tingkat keketatan 1:4 persentase diterimanya adalah 29,5% .

5. PRODI HUKUM S-1

Prodi Hukum merupakan jurusan kuliah yang menyiapkan lulusannya agar menjadi tenaga profesional dalam bidang hukum mulai dari pengacara, jaksa, hakim dll. Mahasiswa biasanya akan diberi bekal ilmu pengetahuan serta kemampuan untuk menjadi seorang ahli dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan hukum. 

Prodi S-1 Hukum UNTIDAR pada SNMPTN tahun 2019, memiliki peminat berjumlah 133 pelamar dan kuota 41 orang, artinya prodi ini memiliki keketatan persaingan 1: 3 dengan persentase peluang diterimanya 30,8% .

6. PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA S-1

Prodi Matematika adalah salah satu jurusan yang berusaha menyediakan lulusan yang siap bekerja sebagai tenaga pengajar atau guru pada mata pelajaran Matematika di sekolah, Mulai dari jenjang SMP, SMA, MA, dan SMK.

Pada SNMPTN 2019, Prodi S-1 Pendidikan Matematika UNTIDAR diminati oleh 169 orang pelamar dengan daya tampung 36 kursi mahasiswa, dengan tingkat keketatan 1:4 dan persentase diterimanya adalah 21,3% .

7. PRODI TEKNIK MESIN S-1

Prodi Teknik Mesin merupakan Salah satu prodi fakultas teknik yang mengkaji pengetahuan seputar otomotif seperti jenis mesin, kerja mesin, perawatan serta disertai pengelolaan yang baik, prodi mengarahkan lulusannya menjadi tenaga profesional dalam bidang permesinan.

Prodi S-1 Teknik Mesin UNTIDAR pada SNMPTN tahun 2019, memiliki peminat berjumlah 188 pelamar dan kuota hanya 36 orang, artinya prodi ini memiliki keketatan persaingan 1: 5 dengan persentase peluang diterimanya 19,1% .

8. PRODI TEKNIK ELEKTRO S-1

Prodi Teknik Elektro adalah salah satu jurusan yang berusaha menyediakan lulusan yang siap bekerja sebagai tenaga ahli dalam bidang kelistrikan. Peluang kerjanya bisa menjadi karyawan di perusahaan swasta maupun BUMN pemerintah seperti PLN.

Pada SNMPTN 2019, Prodi S-1 Teknik Elektro UNTIDAR diminati oleh 189 orang pelamar dengan kuota daya tampung 36 orang, dengan tingkat keketatan 1:5 serta persentase diterimanya adalah 21,3% .

9. PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS S-1

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris merupakan salah satu prodi keguruan yang mengarahkan mahasiswa untuk menjadi tenaga pengajar atau guru di sekolah-sekolah khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris yang di zaman modern menjadi bahasa utama dan terpenting di dunia.

Prodi S-1 Pendidikan Bahasa Inggris UNTIDAR pada SNMPTN tahun 2019, mempunyai peminat berjumlah 216 pelamar dan daya tampung 41 orang, artinya persentase  diterim di prodi ini adalah 18,9% dengan tingkat keketatan 1:5.

10. PRODI AKUNTANSI S-1

Prodi Akuntasi merupakan prodi fakultas ekonomi yang di zaman modern ini sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang seperti bisnis, keuangan, asuransi serta bidang lain yang berkutat dengan pencatatan keuangan. Lulusan prodi diharapkan menjadi tenaga ahli dalam berbagai perusahaan swasta mauapun pemerintah

Pada SNMPTN tahun 2019, Prodi S-1 Akuntansi UNTIDAR jumlah peminat sebesar 232 orang dengan daya tampung 45 orang, persentase peluang diterimanya 19,4% dengan tingkat keketatan 1:5.

Demikianlah pembahasan mengenai 10 jurusan yang sepi peminat SNMPTN tahun 2019 di Universitas Tidar Magelang, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi kalian semua yang sedang mencari prodi yang tepat untuk diambil dalam SNMPTN TAHUN 2020.
Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)